TUJUAN
Tujuan alat peraga ini adalah untuk memudahkan dan
membantu siswa menghafal rumus-rumus atau aturan trigonometri serta memberikan
informasi lain bahwa matematika tidak hanya menyajikan rumus dan hafalan tetapi
dapat disajikan dengan permainan yang dapat bermanfaat bagi siswa itu sendiri.
Tali pas trigonometri ini diberikan pada siswa SMA
ALAT DAN BAHAN :
Dalam pembuatan talipas trigonometri ini membutuhkan:
-Mika
-Tali
- Selotip
-Spidol permanen
- Kertas berwarna
Model tali pas trigonometri adalah seperti gambar
berikut.
LANGKAH PEMBUATAN
- Kita sediakan kertas warna
- Potonglah kertas berwarna tersebut sesuai pola yang diinginkan sebagai dasar
- Tulislah rumus-rumus trigonometri dengan menggunakan komputer, sesudah itu kita print dengan kertas berwarna
- Kemudian potonglah hasil print tadi sesuai pola, lalu tempelkan pada kertas berwarna yang sebagai dasar
- Setelah ditempel sesuai tempat kedudukan masing-masing, misalnya dalam 1 kertas potong diberi 6 rumus trigonometri yang tiap barisnya terdiri dari 3 rumus, lalu di laminating agar terlihat lebih rapi dan tidak mudah rusak
- Tepat pada tengah-tengah bagian atas maupun bawah rumus satu persatu dilubangi hingga sejajar atas bawah
- Pada pojok tengah kiri diberi lubang untuk tempat pita sebagai tali
ATURAN PERMAINAN :
Permainan
ini dibatasi waktu tertentu yang telah disepakati untuk menyelesaikan satu
bagian dari seluruh permainan ini.
1. Hubungkan tali pada
lubang bagian atas dengan lubang bagian bawah dari arah kiri kekanan
berturut-turut jika rumus trigonometri tersebut saling ekuivalen.
2. Setelah semua
lubang terhubung oleh tali, kemudian cocokkan dengan jawaban yang telah
tercantum pada bagian belakang permainan.
Pemberian nilai dan pembatasan
waktu tergantung pada kesepakatan dari yang menggunakan permainan ini.
SARAN:
Alangkah baiknya jika talipas yang dibuat ini tidak hanya
berlaku pada aturan trigonometri saja
tetapi untuk langkah yang selanjutnya dapat dibuat dengan aturan-aturan yang
lain misalkan luas bangun datar yang diperuntukkan siswa sekolah dasar dan tidak menutup kemungkinan ada ide-ide
yang lebih baik untuk penyempurnaan alat-alat peraga bagi matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar