Halaman

Minggu, 13 Oktober 2013

Tali Pas Trigonometri


TUJUAN
Tujuan alat peraga ini adalah untuk memudahkan dan membantu siswa menghafal rumus-rumus atau aturan trigonometri serta memberikan informasi lain bahwa matematika tidak hanya menyajikan rumus dan hafalan tetapi dapat disajikan dengan permainan yang dapat bermanfaat bagi siswa itu sendiri.

SASARAN
Tali pas trigonometri ini diberikan pada siswa SMA

ALAT DAN BAHAN :
Dalam pembuatan talipas trigonometri ini membutuhkan:
-Mika
-Tali
- Selotip
-Spidol permanen
- Kertas berwarna
Model tali pas trigonometri adalah seperti gambar berikut.

LANGKAH PEMBUATAN
  1.  Kita sediakan kertas warna
  2. Potonglah kertas berwarna tersebut sesuai pola yang diinginkan sebagai dasar
  3. Tulislah rumus-rumus trigonometri dengan menggunakan komputer, sesudah itu kita print dengan kertas berwarna 
  4. Kemudian potonglah hasil print tadi sesuai pola, lalu tempelkan pada kertas berwarna yang sebagai dasar
  5. Setelah ditempel sesuai tempat kedudukan masing-masing, misalnya dalam 1 kertas potong diberi 6 rumus trigonometri yang tiap barisnya terdiri dari 3 rumus, lalu di laminating agar terlihat lebih rapi dan tidak mudah rusak 
  6. Tepat pada tengah-tengah bagian atas maupun bawah rumus satu persatu dilubangi  hingga sejajar atas bawah
  7. Pada pojok tengah kiri diberi lubang untuk tempat pita sebagai tali

ATURAN PERMAINAN :
Permainan ini dibatasi waktu tertentu yang telah disepakati untuk menyelesaikan satu bagian dari seluruh permainan ini.
1.  Hubungkan tali pada lubang bagian atas dengan lubang bagian bawah dari arah kiri kekanan berturut-turut jika rumus trigonometri tersebut saling ekuivalen.
2.   Setelah semua lubang terhubung oleh tali, kemudian cocokkan dengan jawaban yang telah tercantum pada bagian belakang permainan.
Pemberian nilai dan pembatasan waktu tergantung pada kesepakatan dari yang menggunakan permainan ini.

SARAN:
Alangkah baiknya jika talipas yang dibuat ini tidak hanya berlaku pada aturan trigonometri  saja tetapi untuk langkah yang selanjutnya dapat dibuat dengan aturan-aturan yang lain misalkan luas bangun datar yang diperuntukkan siswa sekolah dasar  dan tidak menutup kemungkinan ada ide-ide yang lebih baik untuk penyempurnaan alat-alat peraga bagi matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar